follow us

Selain Vitamin A Ternyata Wortel Juga Mempunyai 16 Manfaat Untuk Kesehatan Kamu


Apakah anda tahu bahwa sayuran yang berwarna orange dan berbentuk lonjong ini alias wortel memiliki berbagai macam manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan, biasanya orang-orang hanya tau wortel ini hanya mempunyai kandungan vitamin A, namun pada kenyataannya wortel masih memiliki manfaat lainnya untuk kesehatan.

Sebelum kita melanjutkan tentang manfaat wortel untuk kesehatan alangkah baiknya kita mengetahu kandungan gizi dari wortel tersebut, apa saja ya manfaat dari wortel tersebut ?? simak ulasan berikut ya..

Menurut Departemen pertanian di Amerika, satu wortel berukuran sedang atau 1/4 cangkir wortel cincang dapat dianggap sebagai satu porsi, dan satu porsi wortel mengandung 25 kalori, 6 gram karbohidrat, 1 gram proten, dan 3 gram gula

Setelah anda mengetahui manfaat dari wortel tersebut sekarang saatnya anda mengetahui manfaat wortel untuk kesehatan.

1. Wortel Mengandung Vitamin A

Pasti semua orang sudah tahu dong bahwa wortel ini mengandung vitamin A, dan vitamin A ini sangat baik untuk kesehatan mata agar anda tidak terkena Penyakit Mata dan bisa meningkatkan pandangan jarak jauh, wortel ini sangat cocok untuk di konsumsi semua orang terutama untuk orang yang kesehariannya menatap layar komputer / laptop maupun gadget.

Mengapa sangat dianjurkan untuk orang yang bekerja kesehariannya bekerja di layar komputer ? karena vitamin A dalam wortel ini banyak sekali yakni sekitar 16.067 IU atau setara dengan 557 persen dari kebutuhan vitamin A tubuh manusia.

2. Mengandung Beta Karoten

Apa itu Beta Karoten ? yaitu, senyawa antioksidan yang memiliki aktivitas mirip dengan vitamin A yang dapat ditemukan dalam tanaman ataupun buah-buahan yang berwarna orange dan kuning, Vitamin A selanjutnya di ubah ke dalam bentuk rodopsin di dalam retina. Rodopsin ini merupakan pigmen ungu yang sangat dibutuhkan oleh mata untuk dapat melihat pada malam hari.

Penelitian juga menunjukkan jika seseorang mengkonsumsi makanan yang kaya akan Beta Karoten cenderung memiliki kemungkinan untuk terjangkit penyakit katarak dan rabun jauh lebih rendah hingga 40 persen dari mereka yang jarang mengkonsumsi makanan yang mengandung Beta Karoten karena memiliki fungsi menghambat penuaan pada otot mata.

3. Dapat Mencegah Penyakit Kanker

Menurut penelitian bahwa mengkonsumsi wortel secara rutin dapat mengurangi risiko kanker hingga 20 persen. Anda pasti tahu kan penyakit kanker itu sangat berbahaya sekali, maka dari itu lebih baik mencegah penyakit nya daripada mengobati nya, maka konsumsilah wortel ya.. bisa anda buat jus wortel ataupun untuk di buat makanan seperti sayur soup.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Banyaknya vitamin pada wortel ini otomatis bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda sehingga anda tidak mudah terjangkit penyakit dan bisa meningkatkan produktifitas.

5. Sebagai Anti Aging

Selain memiliki vitamin A, wortel ini juga mengandung beberapa vitamin antara lain, A, B5, C dan juga E sangatlah bagus sekali untuk memperbaiki jaringan kulit yang kurang sempurna karena diakibatkan karena memar ataupun terkena luka.

Tidak hanya itu saja wortel ini juga bisa meningkatkan kualitas dari kolagen dan juga bisa membantu mengendalikan minyak alami yang telah ada di bawah kulit supaya tetap stabil dan melindungi kulit dari radikal bebas, sehingga membuat wajah lebih bercahaya dan awet muda.

6. Mencegah Sembelit

Wortel juga bisa mencegah penyakit sembelit, penyakit sembelit ini sangat mengganggu kita saat mau BAB. Maka saatnya sekarang anda bisa tenang karena wortel ini juga bisa digunakan untuk mencegah sembelit, karena wortel memiliki kandungan serat yang sangat tinggi dan juga beberapa mineral di dalam wortel ini sangatlah bagus untuk menyeimbangkan suhu di saluran anus.

7. Mencegah Penyakit Stroke

Stroke memang sangat berbahaya apalagi jika kita sudah terjangkit penyakitnya, maka dari itu konsumsilah wortel karena bisa juga untuk mencegah stroke, kenapa wortel ? karena wortel sangat baik untuk menstabilkan tekanan darah.

Jika tekanan darah stabil maka otomatis kita menjauhkan diri dari penyakit stroke, karena stroke menjangkit orang yang darahnya tersumbat

8. Melindungi Kesehatan Tulang

Semakin tua usia kita maka semakin menurun juga kualitas tulang yang kita miliki. Maka dari itu coba mulai sekarang anda mengkonsumsi wortel, karena wortel memiliki kandungan kalsium sebanyak 39 mg.

Jadi jika ingin tulang anda semakin kuat meskipun usia semakin bertambah coba konsumsi wortel biar kita masih bisa bergerak walaupun sudah lanjut usia.

9. Mencegah Terserang Penyakit Kulit

Kebanyakan orang pasti belum tahu bahwa wortel ini juga mengandung antioksidan, dan antioksidan ini sangatlah bagus untuk melindungi dan menyehatkan kulit dari berbagai penyakit kulit antara lain, kurap, kudis, panu, eksim, dan juga penyakit kulit lainnya akibat bakteri.

10. Mengatasi Penyakit Cacingan

Wortel ini juga bisa mengatasi cacingan karena memiliki vitamin A, meskipun vitamin A bagus untuk mata vitamin A juga bagus untuk mengatasi parasit-parasit yang ada pada tubuh kita.

Maka konsumsilah wortel setiap pagi agar cacingan yang kalian derita bisa hilang dan anda semakin sehat dan produktif menjalani hari-hari seperti biasa.

11. Meningkatkan Hormon Tubuh

Wortel ini bisa menstabilkan hormon di dalam tubuh, sangat cocok sekali bagi anda yang memiliki hormon yang kurang seimbang, maka konsumsilah wortel agar hormon tubuh anda meningkat.

12. Menurunkan Kolestrol

Menurut penelitian yang dilakukan di Harvard University bahwa seseorang yang mengkonsumsi wortel dapat menurunkan resiko kolestrol, karena wortel memiliki sifat yang dapat menghambat lemak dan menurunkan kadar kolestrol dalam darah.

13. Mencegah Rambut Rontok

Karena wortel memiliki kandungan vitamin essensial yang mampu meningkatkan sirkulasi darah yang terjadi pada area kulit kepala sehingga dapat mengurangi terjadinya masalah pada rambut anda.

Tidak hanya itu kandungan batekroten dan vitamin A pada wortel mampu menjadikan pertumbuhan rambut menjadi lebih sehat.

14. Menjaga Kesehatan Jantung

Karena kandungan vitamin A, kalsium, fosfor, beta karoten, dan nutrisi lainnya dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung.

15. Mencegah Penuaan Dini

Karena banyak sekali nutrisi yang ada di dalam wortel yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini pada kulit wajah anda. Maka konsumsilah wortel secara teratur agar bisa mengurangi garis-garis halus dan juga kerutan yang ada pada kulit sehingga tersamarkan.

16. Memperbanyak Laktasi

Wortel juga bisa untuk ibu menyusui karena bisa untuk memperkaya jumlah keluaran ASI nya, tidak hanya itu wortel juga bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan kalsium selama masa kehamilan.

Anda juga bisa mengkonsumsi jus wortel karena merupakan cara terbaik bagi bayi yang disusui untuk bisa mendapatkan asupan vitamin A.
Perhatian : wortel yang warna nya lebih gelap lebih tinggi mengandung beta karoten, rasa manis jus wortel ini berasal dari kadar gula alami nya yang tinggi, sebab itu penderita diabetes harus meminta saran dokter sebelum meminum jus wortel dalam jumlah banyak.
Wah bagus sekali ya pembahasan dari manfaat wortel untuk kesehatan, jika anda ingin mengkonsumsi wortel untuk makanan keseharian, jangan lupa cucilah wortel dahulu agar terhindar dari bakteri yang ada di sayuran wortel tersebut dan simpan wortel di lemari es.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar