follow us

Om Igun : Mengawal Proses Pemekaran Cianjur Kidul Adalah Tanggung Jawab Masyarakat Cianjur Kidul

Isu pemekaran cianjur kidul memang telah lama terdengar oleh masyarakat cianjur kidul khususnya, gaung pemekaran cianjur kidul yang sudah menggema dari tahun 2014 baru kembali terdengar setelah beberapa aktivis melakukan diskusi dengan pemangku kebijakan di pemerintahan kabupaten cianjur, mengutip berita dari CNN Indonesia "bahwa proses pemekaran wilayah di indonesia akan di lanjut pada tahun 2018" pernyataan itu di lontarkan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, masyarakat cianjur kidul khususnya aktivis pemekaran cianjur kidul memahami hal tersebut, namun proses administrasi harus terus di lanjutkan. berikut tulisan om igun (aktivis pemekaran cianjur kidul).

Kami paham bahwa sampai saat ini ada moratorium tentang Pemekaran Daerah oleh Pemerintah Pusat. Kami juga paham bahwa keputusan politik tidak lepas dari "momentum". Sehingga kami tidak risau dengan kapan moratorium dicabut; 2018, 2019 atau 2020.

Kami hanya menginginkan bahwa dalam menunggu moratorium dicabut, proses tahapan Pemekaran CIANJUR KIDUL yang sekarang terhenti dalam tahap penyediaan persyaratan administratif dan kewilayahan segera dilanjutkan kembali. Sebagaimana yg dikatakan Presiden Jokowi bahwa aspirasi/usulan Pemekaran Daerah semuanya ditampung. Mari bedakan kewenangan Pemerintah Pusat dan Daerah dlm proses Pemekaran Daerah.

Kesepakatan Bupati dan DPRD, Gubernur dan DPRD Provinsi tentang Pemekaran Daerah tidak serta merta satu daerah jadi Daerah Otonomi Baru. Mari kita pahami bersama bahwa yang kami inginkan adalah proses tahapan-tahapan pemekaran tetap berjalan,bukan hari ini tahun ini harus mekar.

Kami percaya bahwa Pak Bupati Cianjur memiliki komitmen yang baik tentang pemekaran cianjur kidul. Kesepahaman bahwa Cianjur Kidul harus maju dan mandiri secara ekonomi sudah tercapai.

Komitmen Bupati cianjur itu sudah terlihat saat beliau bersedia menemui team kecil pemekaran cianjur kidul seperti terlihat pada foto dibawah ini yang di upload di grup facebook cianjur kidul


Foto tersebut juga mendapat respon dari beberapa aktivis pemekaran salah satuhnya Ridwan Adisastra
"Langkah yang tepat untuk mempercepat terbentuknya daerah persiapan otonomi baru.. Pemenuhan administrasi sebagai bentuk kelengkapan administrasi untuk mencapai sebuah tujuan "PENGAJUAN PERSIAPAN DAERAH OTONOMI BARU" Kab.Cianjur Selatan, Tetap semangat juang dan terus berdo'a"

Sepertinya hambatan yang masih mengganggu beliau (Bupati Cianjur) adalah kekhawatiran terjadinya perseteruan yang keras antara kelompok masyarakat yang justru keduanya adalah kawan-kawan beliau. Sehingga saya berharap, hentikan semua perdebatan tentang layak tidaknya Pemekaran Cianjur Kidul karena itu sudah selesai dengan keluarnya hasil kajian.

Mari kita sama-sama menatap proses Pemekaran Cianjur Kidul dengan rasa persaudaraan. Komitmen Bupati untuk mempersiapkan sarana prasarananya sudah disampaikan.

Sebagai tindak lanjut mengawal proses pemekaran cianjur kidul, puluhan aktivis cianjur kidul dan ratusan masyarakat cianjur kidul akan mengadakan aksi damai pada tanggal 27 dan 28 Nopember, aksi tersebut rencananya akan di gelar di pendopo pemkab cianjur yang tujuanya yaitu mengawal seluruh proses pemekaran cianjur kidul hingga mendapat persetujuan.

Intinya seluruh proses pemekaran cianjur kidul harus di kawal dan didukung oleh semua eleman masyarakat cianjur kidul, menggelorakan semangat pemekaran cianjur kidul melalui social media ataupun cara lainnya yang tentunya sesuai dengan peraturan negara dan tidak melanggar norma-norma agama serta sosial, karena sejatinya pemekaran adalah jalan untuk pemerataan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan di segala bidang, baik itu pendidikan, sarana prasarana dan sarana penunjang lainnya, masyarakat cianjur sudah sepantas mengambil peran dalam pemekaran cianjur kidul, karena ini adalah keinginan semua masyarakat di cianjur selatan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar