follow us

Curug Ciastana Kadupandak, Hidden Paradise Cianjur Selatan


Curug Ciastana Cianjur Selatan

Curug Ciastana adalah salah satu air terjun yang berada di Cianjur Selatan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dengan debit airnya yang deras. Penamaan Curug Ciastana ini karena tak jauh dari Curug Ciastana ini berada terdapat sebuah pemakaman warga. Astana adalah bahasa sunda yang berarti makam. Karena hal itu pula yang menjadikan air terjun ini bernama Curug Ciastana.

Air Terjun Unik di Selatan Cianjur

Curug Ciastana ini memiliki keunikan jika dibandingkan dengan air terjun lainnya yang ada di Cianjur Selatan seperti Curug Citambur atau Curug Ngebul. Curug Ciastana ini memiliki bentuk yang sedikit lebar dan mirip sebuah tirai panjang. Selain itu dibawah air terjun ini membentuk sebuah danau kecil, dan dari danau ini kembali jatuh akibat dari hasil patahan tanah. Dari patahan tersebut kembali membentuk air terjun yang lebih pendek namun lebar.

Fasilitas Curug Ciastana Cianjur Selatan

Berbeda dengan Curug Citambur dan Curug Ngebul yang masih sama berada dikawasan Cianjur Selatan, Curug Ciastana ini belum dikelola secara resmi oleh pihak mana pun, baik itu pemerintah daerah atau pun pemerintah desa dan Karang Taruna setempat. Curug Ciastana ini hadir tanpa fasilitas umum. Bahkan untuk lahan parkir kendaraan saja sangat sulit dan harus memarkirkan kendaraan di depan rumah warga setempat.




Tiket Masuk Curug Ciastana Cianjur Selatan

Karena belum dikelola oleh pihak mana pun, maka para pengunjung belum dikenakan tiket masuk alias gratis. Biaya yang harus dikeluarkan antara lain biaya parkir untuk kendaraan motor sebesar 2.000 rupiah/kendaraan.

Lokasi/Alamat Curug Ciastana Cianjur Selatan

Secara administratif, Curug Ciastana ini berlokasi di Desa Bojongkasih, Kec. Kadupandak, Kab. Cianjur, Provinsi Jawa Barat. 43268.

Rute Menuju Curug Ciastana Cianjur Selatan

Untuk bisa sampai ke Curug Ciastana ini hanya bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua. Hal itu karena letaknya yang sangat terpencil, jalannya sangat sempit dan berbatu. Dengan menggunakan kendaraan roda dua pun harus berhati-hati, apalagi bagi kamu yang menggunakan kendaraan matic. Jalanan yang sangat sempit, sedikit menanjak dan berbatu bisa membahayakan kamu yang membonceng seseorang.

Berikut ini adalah lokasi yang diambil dari google maps dan bisa dijadikan patokan dalam berkendara :


sumber foto dan artikel : https://ridwanderful.com/

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar