follow us

7 Mainan Anak Zaman Old yang Bikin Kangen Masa Kecil yang Jarang Dimainkan Anak Zaman Now


Masa kecil memang indah bila dikenang, selalu penuh warna kecerian dan canda tawa, pastinya setiap orang memiliki kenangan masing-masing entah itu kenangan sahabat masa kecil, tempat bermain dan mainan masa kecil yang penuh dengan kreatifitas, beda sama kids jaman now yang mainannya tablet, smartphone dan youtube yang berdampak buruk terhadap psikologi dan karaktek anak, kalo kids jaman old mainnya ketepel, kelereng yang paling canggih mungkin gimbot atau mobil tamia hehe...

Yukeepoin telah mengumpulkan beberapa gambar yang diambil dari beberapa sumber di internet, foto-foto mainan dan permainan jadul yang pastinya bikin kamu kangen sama mainan itu, atau mungkin kamu masih nyimpen mainan jadulnya.

1. Pistol bambu, kalo di sunda dikenal dengan "bebeletokan"

sumber : tokopedia

Mainan jadul ini biasanya dibuat dari bambu kecil, ditambah satu tangkai bambu untuk gagangnya yang diraut supaaya pas dengan lubang bambu, lalu sebagai pelurunya menggunakan kertas yang dibasahi, suaranya yang khas "tok..tok" dan sering digunakan sebagai senjata untuk perang-perangan biasnya dibagi menjadi dua grup, paling rame main ini pas hari minggu, terkadang kertasnya di emut hehe...hayo siapa yang pernah ngemut peluru kertasnya agar pas dengan lubang bambu ?

2. Ketepel, kalo di sunda dikenal dengan "katepel"

sumber : jhonthit.blogspot.com

Ketepel ini biasanya terbuat dari kayu atau ranting kayu yang dibuat se-kreatif mungkin di tambah dengan tali karet dan kulit, ketepel ini biasanya identik dengan anak nakal, biasa digunakan untuk nembak atau ketepel buah,burung dan lainnya, sebagai pelurunya menggunakan batu. siapa yang pernah main ketepel ? lalu ketepelnya di pake kalung di leher hehe..sudah jarang saat ini ketepel yang terbuat dari kayu dan juga jarang di jual toko-toko

3. Yoyo

sumber : kaskus.com

Zaman SD dulu sering dijual di depan sekolah kalau gak salah harganya 750-1500 kalau zaman saya hehe..biasanya yoyo di lukis dengan menggunakan cat dan yang paling laku adalah yoyo bergambar bintang di tengah, yoyo yang terbuat dari kayu ini sering mainkan pas lagi istirahat sekolah, siapa yang paling jago dia yang menang, saat ini masih ada komunitas yoyo namun jarang yang terbuat dari kayu.

4. Gimbot atau ada juga yang menyebutnya "tetris"

sumber : forumdetik.com

Mainan satu ini dulu mainan yang harganya lumayan mahal, kalau mau beli mainan ini kita harus nangis dulu sama orang tua baru dikasih hehe..mainan yang keluar sekitar tahun 90an ini banyak ditemukan di depan sekolah sd alias disewakan oleh si mang gimbot, disewakan dengan harga Rp.500-, dan bisa bikin ketagihan hehe, gamenya pun zaman itu booming banget, siapa yang pernah habisin uang jajan untuk sewa game ini tiapa hari ? hehe...

5. Congklak

sumber : aphindonesia.tumbler.com

Mainan ini khusus wanita, mainan yang memerlukan strategi khusus supaya batu kerikil dipindah semua, biasanya terbuat dari kayu dan dihias sedemikian rupa, namun ada juga yang terbuat dari plastik, mainan ini cewek banget dan biasanya laki-laki juga ikut nimbrung hehe..
6. Telepon kaleng

sumber : ezfriendship.wordpress.com

Mainan yang satu ini adalah mainan orang-orang cerdas hehe, karena untuk membuat suara supaya terdengar jelas dibutuhkan ketelitian untuk membuatnya, mainan telepon ini biasanya dilakukan oleh dua orang anak, terbuat dari kaleng dan benang, biasanya kalau sudah main ini sama cewek betah banget hehe.. 7. Main masak-masakan dan rumah-rumahan

sumber : serbagratis

Masak-masakan memang salah satu mainan yang sering banget bisa di mainkan sama cewek-cewek zaman old, mungkin salah satunya kamu hehe... mainan ini biasanya dimainkan bareng sama temen-temen dan ini sebenernya cikal bakal para koki terkenal hehe..mainan ini biasanya bisa di beli dari si mamang tukang mainan, dalam satu paket sudah ada miniatur kompor,wajan,wadah dan lain-lain yang terbuat dari plastik.

Memang yah mainan zaman old keren-keren dan bikin kita lebih kreatif dan lebih dekat dengan teman, beda dengan zaman now yang mainannya smartphone, bahkan sambil nongkrong dan kumpul sama teman smartphone selalu dipegang dan menjadi penghalang rasa kebersamaan.. semoga kita bisa mengambil pelajaran dari mainan zaman dulu.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar