follow us

5 Hal yang Bisa Kamu Dapatkan Saat Kesedihan dan Cobaan Itu Datang

Kesedihan dan cobaan memang satu hal yang tidak diinginkan oleh semua orang,bahkan hadirnya tidak dirindukan, karena kesedihan dan cobaan selalu identik dengan kecewa dan sesuatu hal yang buruk sedang terjadi dalam hidup kita, namun kesedihan dan cobaan itu hadirnya tidak bisa kita hindari dan prediksi datangnya, namun tahukah kamu bahwa kesedihan itu bukanlah akhir dari segalanya, kamu bisa belajar sesuatu dari kesedihan yang kamu alami.

Mungkin 5 hal ini bisa membuatmu lebih nyaman dan tersenyum saat kesedihan dan cobaan itu hadir, 5 hal yang bisa kita ambil dari kesedihan dan cobaan yang sedang kamu alami saat ini, karena setiap episode yang kita jalani dalam hidup selalu menghadirkan manfaat untuk kita, termasuk kesedihan dan cobaan.

1. Dengan kesedihan dan cobaan yang kamu alami, kamu bisa melihat lebih dalam seberapa kuat dan siapkah dirimu untuk menerima hal itu


Terkadang kita tidak mampu untuk menakar dan melihat seberapa kuat diri kita ketika di timpa kesedihan dan cobaan, namun jika kita bisa melihat hal itu lebih dalam, niscaya pada akhirnya kita akan mampu melihat seberapa hebat dan kuat diri kita saat kesedihan dan cobaan itu hadir dalam hidup, memang benar tidak ada manusia yang kuat saat menerima ujian yang berat selain Nabi Muhammad SAW, beliau di uji dengan cobaan yang begitu berat namun beliau masih besar hati dan memaafkan orang yang membuatnya bersedih bahkan beliau membalasnya dengan kebaikan.

Sudah sepatutnya kita belajar kepada jungjunan kita, bahwa kesedihan dan cobaan itu bisa membuat kita lebih sabar,ikhlas dan hingga nantinya kita lebih siap untuk menerima cobaan, satu hal yang pasti kita bisa lebih dekat dengan pencipta, karena sejatinya kesedihan dan cobaan itu datang dari-Nya.

2. Simpan kesedihan dan cobaan yang kamu alami, jika harus di ceritakan, ceritakanlah pada orang yang tepat dan ceritakan pada Allah.


Semua orang dibumi ini pasti pernah mengalami cobaan dan merasakan kesedihan termasuk saya,bukan cuman kamu saja, kenapa kamu begitu bangga dengan kesedihan dan cobaan yang kamu rasakan sehingga kamu ingin semua orang tahu bahwa kamu sedang bersedih,sedang galau dan sedang menerima cobaan hidup.

Entah apa keuntungan yang kamu dapatkan, apakah dengan like dan komentar, kamu mendapatkan solusi? saya rasa tidak, malah akhirnya menimbulkan masalah baru, sebaiknya jika kamu rasa tidak kuat menerima cobaan dan kesedihan ceritakanlah pada orang yang tepat, dia yang bisa membuatmu merasa nyaman dan mampu memberikan solusi yang baik.

Akhirnya kamu bisa melihat mana orang yang benar-benar bisa memberikan solusi atas masalah yang membuatmu bersedih, kamu akan menemukan sahabat sejati dalam hidupmu ketika dia mau menghapus air matamu tanpa syarat.

3. Kesedihan karena kegagalan adalah langkah baru untuk memulai segalanya dengan baik.


Kegagalan bagi sebagian orang adalah akhir dari segalanya, padahal kegagalan adalah jalan yang terbaik untuk memulai kembali usaha, karena lewat kegagalan kita belajar mana yang seharusnya dilakukan mana yang tidak, sehingga kita bisa introspeksi diri dan membuat rencana baru agar kita tidak gagal lagi.

4. Jika dengan menangis akan membuatmu lebih baik pada akhirnya, menangislah


Entah kata-kata apa ini, tapi ada orang yang dengan menangis membuatnya lebih baik, lebih plong dan pada akhirnya bisa membuatnya bisa berpikir jernih, entah ilmu apa yang dia pelajari hehe...yang jelas kita bisa belajar bahwa ternyata mengeluarkan unek-unek dengan menangis membuat kita lebih plong,namun alangkah baiknya jika hal itu membuat semua hal menjadi lebih baik, mungkin hanya sebagian orang yang bisa melakukannya.

5. Kesedihan dan cobaan itu pada akhirnya tidak membuat kita semakin terpuruk malah membuat kita sukses


Memang tidak ada rumus yang bisa menghitung seberapa besar presentase kesedihan mampu membuat orang menjadi sukses, namun dengan kesedihan dan cobaan kita bisa belajar menjadi orang yang lebih baik, lebih bisa mengatur emosi dan belajar menjadi orang-orang yang kuat.

Saya terinspirasi salah satu pepatah sunda yaitu " Mun Hayang Perah Kudu Perih, Mun Hayang Matih kudu Matuh" artinya kalau kita ingin bisa di perhitungkan orang dan sukses kita harus mengalami segala cobaan dan kesedihan karena setelah itu terus belajar hingga akhirnya kita mampu meminimalisir masalah yang bisa menyebabkan kita bersedih.

Jadi ?
Nikmatilah kesedihan dan cobaan itu sebagai bukti sayang Allah sama kita, bahwa Allah sedang melatih kita untuk menjadi orang-orang yang kuat menerima cobaan sebesar apapun dan melihat kesedihan itu adalah media introspeksi diri.

image by : freeimages.com

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar